• Administrator
  • Selasa, 08 Agustus 2017

Share Article :

TEMPO.CO, Banyuwangi - PT Temprina Media Grafika Jember, pemenang tender pencetakan surat suara, telah mengganti 67.949 lembar kertas suara di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sebelumnya, ribuan surat suara di Banyuwangi ditemukan salah cetak.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Banyuwangi, Atim Haryadi, mengatakan Temprina mengganti 68.100 lembar kertas suara. "Dilebihkan sekitar 150 lembar kertas suara," kata Atim, Senin, 7 April 2014. (Baca juga: Pemilu Tinggal Sepekan, Surat Suara Masih Kurang).

ADVERTISING
 


Dia menjelaskan kertas suara yang dicetak ulang itu telah dilipat dan didistribusikan ke daerah pemilihan 5 Banyuwangi yang meliputi Kecamatan Sempu, Genteng, Glenmore, dan Kalibaru. Menurut dia, dengan digantinya suarat suara itu, pemilu legislatif Rabu, 9 April 2014, sudah tidak ada masalah.

Adapun kertas suara yang salah cetak, kata Atim, akan dimusnahkan sebelum pemilu berlangsung. Saat ini seluruh kertas suara yang salah telah ditarik ke KPU Banyuwangi.

Ketua Panitia Pemilihan Umum Kecamatan Sempu Muhammad As'adi mengatakan telah menerima 11.010 lembar kertas suara yang dicetak ulang. Setelah disortir, seluruh kertas suara pengganti tersebut telah sesuai dengan ketentuan. "Sudah benar semua," katanya.

Sepekan jelang pemilu legislatif, PPK menemukan 67.949 lembar kertas suara salah cetak. Surat suara yang salah cetak itu tersebar di Kecamatan Genteng sebanyak 14.936 lembar, Glenmore 7.003 lembar, Kalibaru 35.000 lembar, dan Sempu 11.010 lembar. (Baca juga: Jelang Pemilu, Kertas Suara Banyuwangi Salah Cetak).

Pada surat suara itu tertulis "Daerah Pemilihan Jawa Timur 4" yang meliputi Kabupaten Jember dan Lumajang. Selain itu, daftar calon legislator juga berasal dari daerah pemilihan 4. Padahal Kabupaten Banyuwangi termasuk daerah pemilihan 3.